Tips yang Baik dan Benar Memakai Masker untuk Kesehatan

Tips yang Baik dan Benar Memakai Masker untuk Kesehatan

Saat ini dunia memang sedang dihebohkan dengan virus corona yang melanda Cina. Tidak hanya di Cina saja, virus tersebut ternyata sudah menyebar di beberapa dunia. Hingga saat ini kabarnya belum ada vaksin yang mampu digunakan untuk mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut. Jalan satu-satunya yang mampu digunakan supaya bisa terhindar dan mencegah virus tersebut menyerang tubuh kita adalah dengan menggunakan masker. Meskipun selain hal tersebut tentunya juga banyak sekali hal-hal lain yang juga tidak kalah penting supaya bisa terhindar dari virus tersebut.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mencegah virus corona, tetapi dengan menggunakan pelindung pada mulut kita mampu digunakan untuk menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit yang akan mengganggu kesehatan. Sebenarnya dalam kehidupan manusia sehari-harinya ada banyak sekali virus dan bakteri yang hidup di sekeliling kita dan mampu untuk mengancam kesehatan. Seperti kata pepatah kita bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati maka lebih baik Anda menerapkan hidup sehat pada diri Anda dan orang-orang yang ada di sekitar Anda supaya terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini memang sudah mulai terbuka dan lebih peduli dengan kesehatan. Mereka mulai menerapkan hidup sehat dengan menjaga pola makan dan rutin melakukan olahraga. Namun menjaga pola makan dan menerapkan pola hidup sehat dirasa kurang cukup bila Anda tidak memberikan perlindungan diri yang lebih seperti contohnya adalah kurang begitu paham bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan penutup mulut supaya terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Berikut ini adalah tips menggunakan pelindung mulut yang baik dan benar:

1. Kenali Bagian Pelindung Mulut Dengan Tepat

Kenali bagian-bagian pelindung mulut dan hidung tersebut dengan benar. Pada sebuah penutup mulut dan hidung biasanya akan ada warna biru atau hijau. Pastikan bahwa yang ada warnanya Anda letakkan di bagian luar dan yang bagian dalam adalah yang warna putih yang nantinya sebagai penyerap misalnya saat Anda sedang batuk.

2. Gunakan Dengan Benar

Pastikan bahwa yang bagian anti air letakkan pada bagian dalam. Jangan sampai salah menempatkan keduanya. Karena bila salah dalam penempatan maka tidak ada gunanya Anda menggunakan penutup mulut dan hidung tersebut. Perlu diketahui bahwa pada sebuah penutup mulut dan hidung ada bagian batangnya yang nantinya bisa Anda letakkan di bagian atas. Tekan bagian tersebut setelah itu turunkan bagian bawah sampai di bawah dagu.

3. Cuci Tangan Sebelum Memakainya

Jangan lupa sebelum memakai penutup mulut dan hidung tersebut cuci tangan terlebih dahulu. Terlebih bila Anda sudah melakukan berbagai macam aktivitas di luar ruangan. Cuci dengan menggunakan sabun dan keringkan dengan tisu atau handuk setelah itu jangan lupa gunakan hand sanitizer supaya tangan lebih steril. Satu hal penting penutup mulut dan hidung tersebut adalah benda yang kotor jadi setelah Anda melepasnya jangan lupa cuci tangan.

Masker merupakan salah satu pelindung mulut dan hidung yang mampu untuk mencegah Anda tertular dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Namun hal tersebut dengan catatan bahwa dalam penggunaannya Anda menggunakan dengan cara yang benar dan tidak terbalik. Buang pelindung tersebut apabila sudah sekali pakai dan ganti dengan yang baru supaya tetap steril.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *